Jenis Peralatan gambar yang baik dan kelengkapannya.

Sebagai murid yang les gambar atau artis gambar tentu membutuhkan peralatan yang baik untuk kelancaran pekerjaan menggambar. Tempat membeli peralatan gambar yang baik biasanya di toko buku atau toko khusus peralatan gambar. 
Kualitas peralatan gambar tersebut bervariasi, ada yang bagus sekali sampai ada yang jelek.
Berlaku pameo ada harga ada kualitas juga, semakin murah biasanya kualitas peralatan gambar cepat rusak dalam pemakaiannya, semakin berkualitas semakin nyaman dalam memakainya yaitu enak dipegang karena ergonomis dan seimbang dan lebih awet sehingga tidak usah bolak balik ke toko utk beli baru. Coba bandingkan kwas air merk pagoda dengan kwas air merk lyra.

Berikut adalah jenis peralatan untuk jenis bahan gambar tertentu:


Peralatan menggambar krayon biasanya terdiri satu set krayon minyak atau lilin. Untuk krayon tipe minyak biasanya digunakan untuk gambar gambar yang pewarnaan dan corak warnanya kaya dan halus gradasinya. Untuk krayon tipe lilin biasanya digunakan untuk gambar gambar yang pewarnaan dan corak warnanya satu warna saja karena susah sekali dicampur.
Peralatan pelengkap lainnya adalah: buku gambar dan bisa dipilih yang ukuran kecil A4 atau ukuran A3, pencil 2B, penghapus, lap untuk tangan dan pencil kaca warna hitam untuk menebalkan dan pensil kaca warna lain untuk tujuan kreatif dan imajinasi gambar. Harga krayon bervariasi dari Rp.25.000,- sampai Rp.5 jutaan juga ada.
 Krayon yang baik biasanya tidak berbau tajam, tidak beracun, warnanya mudah menempel di kertas.

Peralatan menggambar pencil warna terdiri dari set pencil warna, buku gambar A4/A3, pencil 2B, penghapus. Harga satu set pencil warna bervariasi dari Rp. 15.000 sampai jutaan juga ada.
Pensil warna ada dua macam yaitu yang tidak bisa dicampur air dan yang bisa dicampur air atau biasa disebut aquarell. Bahan pensil warna juga bermacam macam, ada yang isinya krayon ada juga yang isinya campuran lilin dan pigmen ada yang isinya soft pastel.
Pencil warna yang baik biasanya warnanya ketika digoreskan langsung menghasilkan warna kuat dengan cukup satu kali gores jadi kita tidak perlu menggoreskan berulang kali, tidak mudah patah dan warna yang dihasilkan sesuai yang warna pada ujung pensil warna.

Peralatan menggambar spidol warna terdiri dari set spidol warna, buku gambar, pencil gambar, penghapus.
Spidol warna yang baik biasanya lengkap koleksi warnanya biasanya merk copic cuma mahal.

Peralatan menggambar dan melukis cat air terdiri dari set cat air terbagi dua tipe yaitu tipe cair dan tipe padat. Yang cair biasa dijual di toko toko buku dan toko alat seni dan dimasukkan dalam tube, sedang yang padat berbentuk kepingan warna warna dan tinggal dikwass dengan air untuk menggunakannya.
Kemudian dibutuhkan juga kertas gambar khusus cat air atau buku gambar yang kertasnya tebal bukan tipis tak lupa kwass khusus cat air yang bahannya biasanya dari nylon karena lembut dan tidak merusak kertas.Juga tempat cuci kwass dan palette cat air. Direkomendasikan oleh sanggar Artistika untuk menggunakan kertas gambar khusus cat air karena warnanya tidak meresap di kertas biasa sehingga warnanya tidak berubah dan mudah untuk digradasi.
Cat air yang baik biasanya warna yang di goreskan di kertas sesuai dengan warna standar internasional, biasanya yang jelek warnanya agak abu abu tidak murni.

Peralatan menggambar dan melukis cat minyak biasanya lebih mahal karena proses melukis yang membutuhkan ketelitian dan biasanya hasilnya juga mahal kalau dijual di pameran lukisan.
Biasanya peralatan cat minyak adalah sebagai berikut: set cat minyak, kwass cat minyak, medium cat minyak, palette cat minyak, standard lukisan/easel, pembersih kwass, lap pengering kwass,kanvas,varnish, pisau palette. Direkomendasikan oleh sanggar Artistika untuk melukis di ruangan terbuka jangan ruangan tertutup supaya uap minyak bisa mengalir keluar dan tidak mengganggu pernapasan.

Peralatan cat acrylic biasanya sama dengan cat minyak, hanya kwassnya biasanya khusus. untuk pembersih kwass dan medium acrylic bisa menggunakan air saja bukan minyak.
Cat minyak dan acrylic yang baik biasanya warnanya awet selama berpuluh tahun, tidak pudar dan tidak berubah warna, sayangnya cat yang baik biasanya harganya mahal dan dijual per tube warna. Harga pertube cat minyak/acrylic per warna yang baik biasanya minimal Rp.25.000,00 sampai jutaan rupiah. Jadi bisa dibayangkan pelukis profesional terkenal yang membutuhkan 20 warna untuk melukis membutuhkan biaya 20 juta sampai 40 juta rupiah untuk melukis.

Kertas gambar yang baik biasanya tebal dan berat, sayang harga kertas yang bagus biasanya mahal dan dijual minimal 20 lembar. Sedangkan untuk pemula bisa menggunakan buku gambar khusus sketch yang biasanya berisi minimal 25 lembar dan kertasnya lebih tebal daripada buku gambar anak anak. Untuk anak anak yang belajar krayon cukup menggunakan buku gambar yang murah tapi tidak murahan.

Bagaimanapun juga semakin baik peralatan gambar yang dipakai untuk menggambar maka semakin berkualitas hasil karya jika dibandingkan dengan yang memakai peralatan gambar kualitas jelek.
Tapi jika baru belajar akan lebih baik menggunakan peralatan gambar yang murah dulu.
Kapan berganti peralatan murah menjadi baik? Jawabannya: Ketika kita telah berlatih mengambar sebanyak minimal 50 kali dengan catatan ada kemajuan dalam berlatih. Kemajuan apa saja? Kemajuan dalam ketelitian, penuh dalam mengisi warna suatu bidang bagian suatu gambar, spontanitasnya sudah bagus dalam menggores, dan minimal 20 like di fb grup.

3 komentar:

  1. kalo buat ngerjain tugas ngelukis di kanvas (pemula) kira2 lbih bgus cat air atau minyak, sebenarnya ingin menggunakan cat minyak, tapi bukannya cat minyak itu mahal ya?

    mksh :)

    BalasHapus
  2. kalo kanvas biasanya pakai Cat minyak /Acrylic, utk yang baru belajar pake yg murah ada kok di toko buku. atau googling aja.

    BalasHapus
  3. kalo krayon yang kualitas baik,merk nya apa ya?

    BalasHapus

COPYRIGHT © Sanggar Artistika

DISCLAIMER

ALL CONTENT ( PHOTOS / ARTWORKS / ARTICLES / OTHER DATA OR INFORMATION ) PRESENTED ON THE SANGGAR artistika SITE ARE COPYRIGHTED BY SANGGAR artistika AND THEIR RESPECTIVE OWNER AND MAY NOT BE COPIED, PUBLISHED (OR OTHERWISE MADE PUBLIC) OR MODIFIED WITHOUT WRITTEN CONSENT FROM sanggar artistika AND THEIR RESPECTIVE OWNER. YOU SHOULD ASSUME THAT EVERYTHING YOU SEE OR READ ON THIS SITE IS COPYRIGHTED UNLESS OTHERWISE NOTED.

DESIGNED BY sanggar artistika

uu rahasia dagang